MASIH BANYAK YANG PERLU DIPERHATIKAN - KEADILAN UNTUK RAKYAT INDONESIA
Home » » MASIH BANYAK YANG PERLU DIPERHATIKAN

MASIH BANYAK YANG PERLU DIPERHATIKAN

Written By indonesia justice society on Saturday, March 3, 2012 | 9:02 PM

Pagi itu saya dan rekan saya ketua LSM Indonesian Justice Society sedang bersiap-siap untuk menuju bandara juanda, kita berencana akan melakukan studi lingkungan di pulau Borneo Kalimantan. Tepat adzan subuh kita berangkat rombongan dengan teman dari LSM PHPK menuju bandara bersama-sama. Kita harus samapi disana paling tidak jam 7 pagi, karena ada jadwal bertemu dengan pihak kehutanan prov guna sharing terkait UU Perlindungan Hutan. ya, meskipun kita sering turun di jawa terkait penegakan pelanggaran lingkungan hidup, namun kami merasa keadaan geografis dan topologi di kalimantan akan sangat berbeda, apalagi dengan keragaman budaya yang ada. Pagi itu kita samapi hotel Narita Surabaya sekitar jam setengah tujuh, 30 menit lebih cepat dari yang kita perkirakan, di Loby hotel sudah terlihat sosok laki-laki bertubuh besar dengan kaca mata coklat bersama seorang lagi dengan baju santai yang menurut prediksi saya dia adalah sopir dari laki-laki yang bertubuh besar tersebut.
           Sebut saja Bpk S, saya agak sedikit lupa soalnya. kami disambut baik disana dengan disuguhi secangkir teh panas, benar-benar melengkapi pagi yang dingin saat itu... hampir 2 jam kita berbincang, banyak sekali pembicaraan yang kita lewati, mulai dari kondisi hutan di kalimantan, kegiatan-kegiatan ilegal logging, pertambangan emas sampai batu bara. Sesaat kita sempat kagum dengan Pulau kalimantan setelah mendengarkan ceramah dari bapk tadi, karena memang selain menjadi salah satu staff dari dinas kuhutanan, dia juga sering berkunjung kesana guna kepentingan studi. jam 9.30 kita memutuskan untuk berangkat ke bandara guna melakukan boarding pesawat, karena jadwal kedatangan pesawat biasanya tidak selalu tepat, jadi kita memutuskan untuk datang lebih awal.
          Sekitar hampir 2 jam kita menunggu akirnya waktu yang saya tunggu-tunggu datang, perjalanan udara saya yang pertama kali,hehe.. Maklum selama ini kita hanya berkutat di wilayah pulau jawa saja, dan baru kali ini kita diberi kesempatan untuk berkunjung ke kalimantan.Perjalanan udara kami tempuh sekitar 1 jam, kita langsung turun di bandara kota banjarmasin, saya lupa nama bandaranya. sampai dibandara kita langsung dijemput dengan sopir Bpk Fauzy, kebetulan dia tadi juga ikut bersama rombongan. Fauzy adalah salah satu pebisnis di bidang loging. saya juga kurang begitu kenal dengan dia karena pertemuan kita juga baru berjalan sekitar 3hari yang lalu. Kami melanjutkan perjalann ke wilayah selatan kalimantan tepatnya di Kota Tanah Bumbu, kota yang katanya saat ini sedang menjadi pohon uang orang kalimantan dengan hasil tambangnya yang luar biasa. Perjalanan kesana kami tempuh sekitar 6 jam, lumayan jauh untuk ukuran kalimantan yang hampir tidak ada trafic light di jalan, dan keadaan moda transportasi yang sangat minim. sampai di kota tanah bumbu kita langsung menuju sebuat motel kecil di pusat kota tersebut untuk rehat sejenak. sungguh luar biasa memang ketika saya lihat tadi diperjalanan, rumah-rumah warga kalimantan yang hampir 90% ditopang oleh kayu-kayu khas kalimantan yang julukannya kayu besi kalau saya tidak salah dengar. Hutan dipinggir jalan yang sangat lebat, lahan gambut yang dipenuhi rawa-rawa dan air, disepanjang jalan banyak orang-orang yang sedang asyik mancing untuk memenuhi kebutuhan lauk saat itu, benar sekali memang untuk mencari bahan pokok disana tidaklah sulit kecuali untuk beras, sepanjang perjalanan saya hampir 0% saya tidak menemui area persawahan, semuanya hutan dan rawa-rawa. Luar biasa tapi kalau saya bisa menilai pulau kalimantan.
oke sampai disini dulu cerita saya,, bye-bye....